Address
Jl. Unizar, Turida, Sandubaya, Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83232
Phone

Benchmarking Kurikulum Fakultas Hukum Universitas Islam Al-Azhar (UNIZAR) dengan Fakulti Syariah dan Undang-Undang Universiti Sains Islam Malaysia (USIM)


Malaysia, 26 September 2024 — Fakultas Hukum Universitas Islam Al-Azhar (UNIZAR) melakukan kegiatan benchmarking kurikulum dengan Fakulti Syariah dan Undang-Undang Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) pada tanggal 26 September 2024. Kegiatan dilaksanakan di Bilik Masyarakat Utama Fakulti Syariah dan Undang-Undang USIM dan dihadiri oleh para akademisi dari kedua belah pihak. Delegasi dari UNIZAR disambut hangat oleh Naib Conselor USIM, Profesor Dato’ Ts. Dr. Sharifudin Md Shaarani dan para pejabat dilingkungan Fakulti Syariah dan Undang-Undang di Gedung Rektorat USIM.

Dalam sambutannya, Profesor Dato’ Ts. Dr. Sharifudin Md Shaarani mengungkapkan antusiasmenya terhadap kerjasama yang akan dibangun antara kedua universitas ini. “Kami sangat menyambut baik kerja sama yang akan dilakukan antara USIM dan UNIZAR, terutama dalam hal pengembangan kurikulum dan pertukaran mahasiswa. Kami berharap kerja sama ini dapat segera diimplementasikan demi kemajuan pendidikan hukum syariah dan undang-undang di kedua negara,” ujar Prof. Sharifudin.

Kegiatan benchmarking ini bertujuan untuk membandingkan kurikulum antara Fakultas Hukum UNIZAR dan Fakulti Syariah dan Undang-Undang USIM. Dari hasil diskusi intensif yang dilakukan, disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara kurikulum kedua program studi tersebut. Hal ini membuka peluang besar untuk pelaksanaan program pertukaran mahasiswa, di mana mahasiswa dari kedua universitas dapat saling belajar dan mendapatkan pengalaman akademis yang lebih luas di lingkungan universitas mitra.

Wakil Rektor I UNIZAR menambahkan, “Kami melihat banyak kesamaan dalam struktur kurikulum, terutama dalam mata kuliah-mata kuliah inti yang berkaitan dengan hukum syariah dan hukum umum. Hal ini memudahkan untuk merancang program pertukaran mahasiswa yang relevan dan efektif”.

Dengan adanya benchmarking ini, diharapkan kerja sama akademis antara UNIZAR dan USIM dapat semakin diperkuat, terutama dalam pengembangan kurikulum dan pelaksanaan program pertukaran mahasiswa di masa mendatang. Kedua fakultas berkomitmen untuk terus melanjutkan dialog dan eksplorasi peluang kerja sama lainnya seperti peluang pendidikan lanjut bagi dosen dan Mahasiswa Fakultas Hukum UNIZAR yang akan semakin meningkatkan kualitas SDM di Fakultas Hukum UNIZAR.