Address
Jl. Unizar, Turida, Sandubaya, Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83232
Phone

Fakultas Hukum Universitas Islam Al-Azhar (UNIZAR) dan Fakulti Syariah dan Undang-Undang Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) Jalin Kerja Sama melalui Penandatanganan Letter of Intent (LOI)


Fakultas Hukum Universitas Islam Al-Azhar (UNIZAR) dan Fakulti Syariah dan Undang-Undang Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) resmi menjalin kerja sama melalui penandatanganan Letter of Intent (LOI) yang berlangsung pada hari kamis tanggal 26 September 2024 pukul 12.00 waktu setempat di Bilik Mesyuarat Utama Fakulti Syariah dan Undang-Undang USIM. Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas akademik dan penelitian di kedua institusi, serta memperkuat hubungan internasional dalam bidang hukum dan syariah.
Penandatanganan Letter of Intent (LOI) ini mencakup beberapa bidang kerja sama strategis, yaitu:
1. Penelitian Bersama (Joint Research): FH UNIZAR dan Fakulti Syariah dan Undang-Undang USIM akan mengadakan kegiatan penelitian bersama khususnya di bidang hukum dan syariah yang sesuai dengan perkembangan ilmu hukum dan kebutuhan masyarakat sehingga meningkatkan kontribusi nyata bagi perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia dan Malaysia.
2. Pertukaran Mahasiswa (Student Exchange Program): Program ini dihajatkan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari kedua institusi agar mendapatkan pengalaman belajar di luar negara, memperkaya khazanah ilmu pengetahuan hukum, dan memperluas jejaring akademik.
3. Dosen Tamu (Visiting Lecturer): Dosen dari masing-masing institusi akan dijadwalkan secara bergantian untuk memberikan kuliah atau seminar, memperkaya pengalaman pembelajaran dan memfasilitasi transfer ilmu pengetahuan dan teknologi.
4. Konferensi Internasional (International Conference): Kedua institusi akan bekerja sama dalam penyelenggaraan konferensi internasional yang akan membahas isu-isu hukum kontemporer dan syariah, sekaligus memberikan kesempatan bagi akademisi dan peneliti dari berbagai negara untuk berkolaborasi bersama dengan FH UNIZAR dan Fakulti Syariah dan Undang-Undang.

Rektor Universitas Islam Al-Azhar, . Dr. Ir. Muh Ansyar MP, menyampaikan harapannya atas kerja sama ini. “Kami percaya bahwa kerja sama ini akan memberikan manfaat besar bagi kedua belah pihak, baik dalam meningkatkan kualitas pendidikan maupun memperluas wawasan mahasiswa dan dosen kami di kancah internasional.”

Dekan Fakulti Syariah dan Undang-Undang USIM, Prof.Madya. Dr. Mushaddad Hasbullah juga menambahkan bahwa LOI ini sejalan dengan visi USIM untuk menjadi institusi yang unggul dalam bidang syariah dan undang-undang di tingkat internasional. “Kerja sama dengan FH UNIZAR ini akan semakin memperkaya kontribusi akademik kami di tingkat global.”

Kerja sama ini diharapkan tidak hanya meningkatkan hubungan akademik antara UNIZAR dan USIM, tetapi juga memberikan dampak positif bagi pengembangan keilmuan dalam bidang hukum dan syariah di kawasan Asia Tenggara.